Bahaya Stres Bagi Pengidap Penyakit Jantung

Bahaya Stres bagi Pengidap Penyakit Jantung – Stress merupakan suatu kondisi dimana fisik dan emosional mengalami penegangan karena adanya tekanan dari luar. Stress dapat terjadi dikarenakan dua faktor, yaitu eksternal dan internal. Eksternal muncul akibat faktor lingkungan yang mempengaruhi. Di era modern ini manusia sering mengalami stress dikarenakan hal sederhana seperti terjebak kemacetan jalan ketika perjalanan pergi dan pulang bekerja. Stress internal sendiri dapat berasal dari kondisi fisik seseorang. Sebagai contoh orang tersebut sedang sakit infeksi, radang atau kondisi psikologis semacam rasa khawatir dan phobia akan sesuatu. Jika faktor tersebut terus tertanam dan menjadi pikiran bagi tiap orang tak lain dapat menyebabkan penyakit lain seperti penyakit jantung, obesitas dan kebiasaan merokok.

Bahaya Stres bagi Pengidap Penyakit Jantung

Bagaimana Bahaya Stres bagi Pengidap Penyakit Jantung ?

Tingkat stress yang tinggi akan memicu kolesterol yang tinggi dan tekanan darah tinggi. Hal tersebut yang membuat tubuh terpicu mengalami serangan jantung. Hal tersebut menuntut Anda utuk mengetahui gejala orang yang mengalami stress. Gejala tersebut antara lain sembelit, diare, sakit perut, sakit kepala, kelelahan, depresi, mudah marah, nafsu makan tidak teratur, mengucilkan diri, dan merokok atau minum berlebihan.

Stress yang berkepanjangan akan mengakibatkan sistem kekebalan tubuh dan sistem pencernaan menjadi tidak aktif untuk sementara waktu. Selain iu kadar kortisol dalam darah akan meningkat dan menyebabkan diabetes akibat tingginya kadar gula darah. oleh karena itu, diperlukan upaya untuk mengurangi stress dalam diri. Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi stress dengan tidur yang cukup selama 7 – 8 jam, hentikan kebiasan merokok, minuman alhokol dikurangi, makan secukupnya tanpa berlebih, olahraga, meditasi, yoga, berpikir positif dan tenang. Pengurangan tingkat stress juga dapat dengan melakukan aktivitas yang jauh dari penyebab stress dalam kehidupan sehari – hari.

Dalam kehidupan sehari – hari terdapat tiga jenis stress, yaitu akibat kondisi keuangan, kondisi kantor dan sakit kepala. Stress akibat kondisi keuangan biasanya terjadi karena tidak stabilnya kondisi keuangan. Kondisi pekerjaan yang selalu terdaapat konflik, kekhawatiran terjadi PHK, dan kondisi pekerjaan yang menumpuk menjadikan diri stress akibat urusan kantor. Sedangkan sakit kepala biasanya muncul karena adanya ketegangan disekitar leher dan bahu sehingga menjalar ke kepala sampai terasa dibelakan mata.

Demikianlah tadi Bahaya Stres bagi Pengidap Penyakit Jantung. Penting sekali untuk selalu membiasakan diri dengan pola hidup yang sehat, olah raga yang teratur serta selalu berpikiran positif.

Related Post

About the Author: R Warih KP

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − 7 =