Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Jantung Anda

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Jantung Anda – Dalam sebuah penelitian menunjukan bahwa bahaya merokok erat kaitannya dengan penyakit jantung koroner (PJK). WHO menyebutkan lebih dari setengah (6 juta) dari sebanyak 11 juta kematian per tahun di negara industri maju penyebabnya ada pada gangguan sirkulasi darah. Terdapat diantaranya 2,5 juta orang merupakan penyakit jantung koroner dan 1,5 juta adalah stroke. Pada tahun 1986 dan 1992, hasil survei Depkes RI menunjukkan angka kematian akibat penyakit jantung meningkat dari 9,7 persen (peringkat ketiga) menjadi 16 persen (peringkat pertama). Fokus penelitian ini ada pada peranan nikotin dan CO. Bahan tersebut meningkatkan kebutuhan oksigen dan dapat mengganggu suplai oksigen menuju otot jantung (miokard) sehingga merugikan kerja miokard. Berikut di bawah bagaimana bahaya rokok bagi kesehatan jantung.

Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Jantung

Kandungan Rokok Yang Membahayakan Jantung

Faktor utama penyebab jantung adalah merokok karena terdapat 4.000 jenis bahan kimia berbahaya. Dampaknya juga berakibat buruk bagi pembuluh darah otak dan perifer. Asap rokok ini terbagi atas asap utama (main stream smoke) dan asap samping (side stream smoke). Asap utama merupakan asap dari tembakau yang dihirup perokok langsung, sedangkan asap samping merupakan asap yang disebarkan ke udara bebas dan dihirup oleh orang lain atau perokok pasif. Asap samping yang dihirup perokok pasif ini mengandung 40 jenis bersifat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker). Karbon monoksida (CO) 5 kali lipat lebih banyak ditemukan pada asap samping daripada asap utama, benzopiren 3 kali, serta amoniak 50 kali.

Nikotin dalam rokok akan menyebabkan dapat merangsang pelepasan adrenalin, meningkatkan frekuensi denyut jantung, tekanan darah, kebutuhan oksigen jantung, serta menyebabkan gangguan pada irama detak jantung. Selain itu, nikotin juga mengganggu kerja saraf, otak, dan banyak bagian tubuh lainnya. Adanya kandungan nikotin akan menimbulkan adhesi trombosit (penggumpalan) ke dinding pembuluh darah.

Karbon monoksida yang berlebihan dihirup tubuh akan menimbulkan desaturasi hemoglobin, menurunkan langsung persediaan oksigen untuk jaringan seluruh tubuh termasuk miokard. Selain itu, CO juga akan menggantikan tempat oksigen di hemoglobin, mengganggu pelepasan oksigen, dan mempercepat aterosklerosis (pengapuran/penebalan dinding pembuluh darah). Hal itu berarti, CO menurunkan kapasitas latihan fisik, meningkatkan viskositas darah, sehingga mempermudah penggumpalan darah.

Banyak kerusakan endotel (dinding dalam pembuluh darah) dan mempermudah timbul penggumpalan darah yang disebabkan zat berbahaya dalam rokok tersebut. Asap rokok ini mempengaruhi profil lemak dimana kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida darah perokok tinggi. Sedangkan kolesterol HDL perokok lebih rendah.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Jantung Anda. Apakah anda seorang perokok? Mungkin inilah saatnya anda lebih bijak dan lebih memperhatikan kesehatan anda serta orang disekitar anda, dengan mulai menghentikan kebiasan buruk merokok anda. Salam sehat!

Related Post

About the Author: R Warih KP

Leave A Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 11 =